Kisruh Dana Desa, DPMDes Panggil Sejumlah Petinggi Desa Kanca Parado

Bima, Jeratntb.com – Menurut unformasi, beberapa oknum pemerintah Desa Kanca Kecamatan Parado menghadiri panggilan mendesak oleh kepala BPMDes dalam rangka adanya dugaan penyelewengan anggaran puluhan juta rupiah.

Mantan ketua Badan Permusyawararan Desa (BPD) setempat M. Nor menyebutkan “yang saya ketahui BPBDes waktu itu memanggil empat pimpinan Desa dan satu pimpinan BPD. Panggilan itu secara mendesak. Mereka dipanggil terkait dengan dugaan penyelewengan anggaran puluhan juta rupiah” ujarnya pada rabu 23/6/2020 pagi.

Lebih lanjut M. Nor mengatakan bahwa sejumlah nama yang dimaksud adalah Kepala Desa, sekretaris Desa definitif dan PLT, bendahara Desa dan Ketua BPD.

Hal tersebut dibenarkan oleh kepala Desa setempat Zainudin H. Usman yang dikonfirmasi di kantornya “benar kami dipanggil untuk mengklarifikasi dugaan yang dimaksud” ungkapnya rabu (23/06/2020).

Pada waktu yang sama, dikonfirmasi bendaharan Desa Muhidin H. Ishak. Dirinya tidak mengakui kehadirannya dalam panggilan BPMDes bersama kepala Desa.

“Saya tidak pernah dipanggil pihak BPMDes” ujarnya.

Demikian juga dengan ketua BPD Husni S.Pd tidak mengakui. Sementara sekretaris Desa definitif dan pelaksana tugas (PLT) belum sempat dikonfirmasi.

Dugaan praktek korupsi berdasarkan temuan dalam salinan dokumen laporan realisasi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja Desa tahun 2020 lalu.

Sebagai perwakilan suara masyarakat, M. Nor berharap agar pihak berwajib segera mananggapi kasus tersebut karena menyangkut penggunaan hak rakyat.

“saya dan masyarakat Kanca sangat berharap agar penggunaan uang rakyat selama ini dapat periksa oleh pihak terkait” tutupnya. (Jr Irwan)

Pos terkait