Kembalikan Budaya Tradisonal Bima, Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Desa Timu Gelar Festival

Bima, Jeratntb.com – Gempur (Gerakan Mahasiswa Pemuda Rasa Nggaro) menggelar kegiatan “Festival Nggaro Lembo” yang diadakan di gedung KUD Desa Timu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Kamis (2/09-2021).

Ketua Panitia pelaksana, Adya Priadi menjelaskan, bahwa kegiatan ini berjalan mulai tanggal 2 sampai dengan 5 September 2021, dan dilaksanakan satu kali dalam setahun.

“Ini merupakan tahun kedua yang telah kami gelar oleh Gempar,” ujarnya,

Adapun jenis Lomba yang dilaksanakan diantaranya, Lomba Tari, Akustik, Musikalisasi Puisi, Kapatu Mbojo, dan Pawai Rimpu.

Pawai Rimpu star dari Bolly sampai ke gedung KUD Desa Timu.

Lebih lanjut Adya Priadi mengatakan tujuan digelarnya acara ini agar memperkenalkan budaya Bima kepada masyarakat, lebih-lebih kepada masyarakat seluruh dunia.

“Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya, dan masyarakat sosial agar memperkenalkan budaya mbojo” jelasnya,

Kegiatan dibuka langsung oleh Pemerintah Desa Timu yang mewakili Ketua BPD, Sukardin SH.

Dalam kesempatan itu, Sukardin mengatakan, dengan adanya kegiatan ini agar bisa mengembalikan budaya Mbojo Rimpu Mpuda dengan menggunakan sarung yang kini sudah terkikis oleh waktu.

“Mudah-mudahan bisa mengenang, karena generasi saat ini lupa akan tradisi Rimpu Mpunda yang merupakan budaya asli daerah Bima,” bebernya,

Selanjutnya, Sukardin menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah ikut serta berpartisipasi.

“Selain itu kepada adik-adik Gempur bersabar, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik,” paparnya, (Jr Iphul)

Pos terkait