Masyarakat Tidak Perlu Cetak Kartu JKN-KIS, Tinggal Tunjukan KTP Elektronik

Bima, Jeratntb.com – Dalam rangka memberikan kemudahan dan kepastian peserta dalam mengakses layanan, BPJS Kesehatan terus meningkat mutu layanan dengan menerapkan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik sebagai nomor identitas lain peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menurut Ilham Kabag SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Bima, penggunaan NIK dalam KTP elektronik adalah untuk memudahkan peserta dalam mengakses layanan, baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun fasilitas kesehatan tingkat lanjutan. Tahun 2023 BPJS Kesehatan terus melakukan sosialisasi secara berkelanjutan untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya peserta JKN terkait penggunaan NIK.

“Jadi masyarakat ketika mengakses layanan kesehatan baik ke Puskesmas maupun ke Rumah Sakit, cukup tunjukkan KTPnya, simpel, mudah dan sangat praktis,”ungkapnya Rabu, (18/01/2023) pagi tadi.

Lanjutnya, dengan pemberlakukan NIK sebagai identitas lain JKN, masyarakat juga tidak perlu repot repot untuk foto copy Kartu Identitasnya, cukup tunjukan KTP elektronik yang asli. Pihak pemberi pelayanan kesehatan akan melakukan input NIK dalam aplikasi P-Care di Puskesmas, maka identitas Pesertanya akan muncul secara otomatis apabila sudah terdaftar sebagai peserta JKN dan bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan.

Harapan dia, untuk kedepanya masyarakat sudah lebih mudah untuk mengakses layanan. Tidak ada lagi penolakan dan diskriminasi terhadap peserta BPJS kesehatan karena pelayana sudah sangat gampang, cukut bawa KTP Elekroni langsung di layani.
“Dengan adanya kemudahan layanan saat ini masyarakat sudah sangat puas sekali dan dipermudah. tidak perlu repot repot lagi dengan urusan foto copy dan lain-lain ,” tutupnya. (Ages)

Pos terkait