AMPA Blokir Jalan Lintas Bima-Wera, Pengguna Jalan Macet Total

Bima Jeratntb.com – Aliansi Mahasiswa, Pemuda Peduli Ambalawi (AMPA) melakukan aksi pemblokiran jalan lintas Bima Wera mulai pukul 09.00-11.00 wita sehingga jalan macet total di dusun Tengge I dan mantarake Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi Senin 18/01/2021.

Menurut Koordinator Lapangan Bimansyah Hadi Saputra, persoalan pupuk yang kian naik tiap tahun menjadi sumber masalah ditatanan masyarakat, sebagaimana tertera dalan Peraturan mentri pertanian nomor 49 tahun 2020, tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp. 1.12.500 (Seratus Dua Belas Ribu Lima Ratus Rupiah),

Lanjut Bimansyah Dalam orasinya ketetapan pemerintah tidak ada penjelasan tentang penjualan pupuk secara paket namun dilapangan tetap saja ada penjualan secara paket dilakukan oleh pengecer.

Bimansyah juga menambahkan bila ada pengecer yang nakal kami minta segera cabut izin Penjualan pupuk sebab masih banyak masyarakat yang antri untuk menjadi pengecer ujarnya.

Ditempat yang sama Camat Ambalawi Ishaka Hasan, SH menanggapi tuntutan AMPA diawali dengan ucapan terimakasih dan penghargaan kami sampaikan kepada masa aksi yang sudah mendukung atau mengingatkan kami agar tetap mengawasi pengecer.

Camat juga sudah kali kami melakukan mediasi dengan pengecer Sekecamatan Ambalawi dengan kesimpulan pengecer diharuskan menjual pupuk sesuai dengan HET dan tidak diperbolehkan menjual pupuk secara paket tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bima Ir. Indra Jaya, juga hadir setelah pemblokiran jalan dilkukan oleh masa aksi, dalam prnyampaiannya bahwa pupuk subsidi harus dijual pada Gapoktan yang terdata dalam Elektronik Rencana Definif Kebutuhan kelompok (ERDKK) yang definitif.

Bagi pengecer yang jual pupuk secara paket dan menjual pupuk diluar HET maka laporkan pada tiem Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KPPP) Kabupaten Bima dan dilengkapi dengan bukti agar dijadikan rekomendasi pencabutan izin tegas kadis

Diakhir pemantuan media ini masa aksi belum ada kesimpulan sehingga agenda tersebut akan dilanjutkan pada rabu 20 januari 2021 diaula kantor camat ambalawi dengan catatan akan diundang kelompok tani sekecamatan ambalawi, Kepala desa Tolowata pengecer sekecamatan ambalawi, distributor, tiem KPPP (Jr. Syarif)

Pos terkait