Bima, Jeratntb.com – Pramuka Ambalan La Kai Gugus Depan (Gudep) SMAN 1 Monta menggelar Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) sekaligus prosesi pelantikan bagi anggota pramuka penegak baru.

Kegiatan persami yang berlangsung di lokasi sekolah setempat dibuka secara resmi oleh kepala sekolah Drs. M. Fadil yang diwakili Wakasek Kesiswaan Andi Azis, S.Pd, Sabtu (16/10/2021).

Dalam arahannya pada upacara pembukaan Andi Azis mengatakan, sebagaimana kita ketahui Pramuka merupaka organisasi pendidikan non formal yang memiliki kepengurusan dari pusat hingga daerah yang berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

Lebih lanjut Andi Azis menuturkan, gerakan pramuka memiliki tujuan antara lain agar anggota pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani 

Serta menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik, dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan.

“Maka sesuai tujuannya,  gerakan Pramuka adalah proses pembinaan dalam upaya membentuk manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli pada tanah air, bangsa, masyarakat, alam lingkungan serta peduli pada dirinya sendiri dengan berpedoman pada satya dan darma pramuka,” ujarnya.

Oleh karena itu lanjut dia, dengan dilaksanakan Persami dan pelantikan Penegak baru adalah sebuah proses regenerasi agar organisasi pramuka bisa terus berjalan, khususnya gerakan pramuka Ambalan La Kai SMAN 1 Monta.

“Artinya dengan adanya pelantikan pengurus baru, maka akan melanjutkan tongkat estafet pengurus lama sehingga gerakan pramuka di SMAN 1 Monta tidak pernah terputus,” katanya.

Melalui kegiatan ini Andi Azis berharap kepada pengurus dan pembina pramuka Ambalan La Kai agar dalam kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai standar prosesi pelantikan dalam juknis gerakan pramuka.

“Mudah-mudahan kegiatan persami ini bisa berjalan dengan baik sesuai rencana dan semoga penegak baru yang akan dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik,” harapnya. 

Di Lokasi yang sama, Pembina Pramuka Ambalan La Kai SMAN 1 Monta Dedi Djafar, S.Pd mengatakan,  para calon penegak yang akan mengikuti prosesi pelantikan ada sebanyak 13 orang, mereka berasal dari siswa kelas X (sepuluh) SMAN 1 Monta.

“Sementara jumlah peserta yang mengikuti kemah persami adalah sebanyak 37 orang terdiri dari 24 orang pengurus dan 13 orang calon penegak,” katanya, Minggu (17/10/2021) sore.

Dedi menjelaskan, sebelum dilantik dan dikukuhkan, selama persami para calon penegak diberikan pembekalan dan materi tentang kepramukaan tingkat penegek dan setiap calon anggota Penegak harus  menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU).

“Alhamdulillah dari setiap proses yang dilakukan semua calon penegak dinyatakan lulus dan telah mengikuti upacara pelantikan serta berhak mengenakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) pada pundak mereka berupa simbol tunas kelapa yang terlipat dua,” ucapnya.

Dedi menambahkan, pada acara Persami para peserta juga melaksanakan bakti sosial membersihkan lingkungam sekolah. “Kegiatan hari terakhir kami isi dengan kegiatan baksos dan upacara pelantikan bagi anggota penegak baru,” tutupnya. (Jr)

Mari berbagi artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here