Dompu, Jeratntb.com – Dampak banjir beberapa waktu lalu menyisakan tumpukan sampah potongan kayu dan ranting mengakibatkan aliran sungai di Desa Songgajah, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, terhambat.

Untuk itu Babinsa Songgajah, Koramil 1614-02/Kempo, Serma Sudirman turut andil membersihkan ranting dan potongan kayu besar yang terbaya arus banjir.

Gotong royong ini dilakukan bersama Kepala Desa Songgajah, M Nor Karim dan sejumlah warga supaya agar sungai dapat mengalir dengan lancar, yang digelar pada hari Sabtu (04/12/2021) mulai pukul 11.00 wita.

Usai membersihkan ranting kayu, Personil Kodim 1614 /Dompu yang bertugas di Koramil 1614 – 02 /Kempo ini pun berinisiatif memotong potongan kayu yang ukurannya cukup besar dengan menggunakan mesin senso.

Serma Sudirman mengatakan, kayu yang ukuran besar tersebut berasal dari pegunungan, oleh sebap itu Ia berharap agar oknum masyarakat sadar dan tidak ada lagi pembabatan liar atau ladang liar di pegunungan.

“Pembabatan liar salah satu pemicu terjadinya banjir, hal itu tentu akan berdampak terhadap lingkungan sehingga semakin berkurangnya pohon yang berguna untuk menyerap air,” jelasnya.

Dikatakannya, di Desa Songgajah kerap terjadinya banjir setiap hujan turun, disebabkan juga karena tidak ada pembuangan akhir dari aliran air banjir yang datang dari atas pegunungan.

“Solusinya adalah pemerintah harus mengambil sikap untuk membuat sungai sehingga banjir sedikit bisa teratasi,” tegas pria tinggi kurus ini.

Selain itu, Serma Sudirman menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan dimusim hujan, sekaligus tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19. tutupnya. (Jr Iphul)

Mari berbagi artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here