Bima, Jeratntb.com – Mahasiswa KKN STIE Bima menggelar seminar dan pelatihan tentang kewirausahaan bersama Pemdes Teta.

Seminar digelar di Gedung Serba Guna (Gsg) Desa Teta, Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima, Senin (12/09/2022).

Unsur yang hadir dalam seminar tersebut yakni, Kepa Desa serta jajaran Pemdes Teta, Tokoh Agama, Karang Taruna Oi Ngonco, dan Lembaga Adat Rau Wuntu.

Adapun tema yang didukung yaitu, Bangkitkan Semangat Berwirausaha Ciptakan Peluang Serta Mewujudkan UMKM Unggul dan Berkwalitas di Desa Teta.

Melalui media ini Wakil Ketua Posko KKN Stie Bima, Syarul Sahrial menyampaikan kegiatan ini adalah program yang tawarkan ke masyarakat untuk memperkenalkan produk-produk unggulan yang ada di Desa Teta.

“Setelah kami lakukan pengecekan di masyarakat produk unggulan yang bisa diandalkan di pasaran lokal maupun internasional, diantaranya adalah bawang putih dan jahe,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, tujuan utamanya adalah bagaimana hutan terlindungi dan ekonomi masyarakat bisa meningkat, “setelah kami kembali ke kampus usai kegiatan KKN kami akan memperkenalkan produk-produk dari desa teta ini untuk pengembangan,” terang Syahrul.

Kemudian prosesing untuk dibahas sistim marketingnya, Lanjutnya, tentu tidak terlepas untuk terus melakukan pendampingan.

Senada yang disampaikan oleh Kades Teta, Amar Ziaudin, S. Sos bahwa sangat menyambut baik kehadiran siswa KKN.

“Terlebih setelah melakukan seminar kewirausahaan dan pelatihan ini, semoga membawa angin segar bagi pelaku usaha kecil serta menengah yang ada di Desa Teta, sehingga bisa menggali potensi yang ada,” jelas Kades.

Menurutnya, Desa Teta memiliki banyak potensi, terlebih produk berskala lokal.

Amar Ziaudin berharap, kedepannya potensi itu dikelola dengan baik, sehingga akan bernilai ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Teta.

“Semoga kedepan akan ada program pendampingan lebih lanjut dari pihak kampus,” tutupnya. (Jr Arif).

Mari berbagi artikel ini