Dompu, jertantb.com.- Menjelang perhelatan Pilkada di Kabupaten Dompu, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH. S.I.K gencar melakukan silaturahim di berbagai tempat, agar simpul sosial maupun lembaga pemerintah yang berkorelasi langsung dengan perhelatan Pilkada.

Kini Kapolres giat silaturrahmi di Kantor Bawaslu Kabupaten Dompu, yang didampingi oleh jajaran, Kasat Reskrim, IPTU Ivand Roland C. dan Kasat Intelkam IPTU Makrus, S.Sos. Pada hari Senin, (8/6-20) Sekitar Pukul 10.08 Wita.

Giat kunjungan tersebut, Kapolres disambut baik oleh ketua Bawaslu, Drs. Irawan yang didampingi oleh jajaran, Kordiv Hukum Penindakan dan Pelanggaran, Swastari haz, S.H. serta staff Bawaslu.

Pada kesempatan itu, Kapolres AKBP Syarif Hidayat SH. S.I.K., Mengatakan bahwa pemilu di tahun ini berbeda dengan sebelumnya, Karena disaat ini berada di Pandemi Covid-19.

Keadaan New Era Normal adalah kehidupan biasa berstandar Protokol kesehatan COVID-19. “Kita harus tetap memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait hal tersebut” Tutur Syarif Hidayat,

Setelah itu, lanjut Kapolres, harus lakukan verifikasi faktual agar benar benar di awasi dan Pulbaket tiap desa bisa kita berdayakan Bhabinkamtibmas serta Babinsa untuk melakukan pengawalan serta pengawasan terhadap warga binaanya, demi meminimalisir terjadinya perlawanan.

Mengenai Program kampung Pengawasan, Kapolres berharap harus segera menunjuk Kampung pengawasan yang masuk kriteria seperti terbebas money politik, Partisipasi yang tinggi, dan ada berita Hoax sebagai indiktor pemilihan kampung pengawasan.

“kita akan mengundang forkopimda untuk menunjuk dan melaunching Kampung Pengawasan sebagai contoh” Arahnya,

Begitu pula kampanye yang akan dilakukan masing-masing calon, tidak usah dilakukan di lapangan atau tempat terbuka.

Menurutnya, masyarakat dari segala wilayah dompu tidak dapat di bendung, kecuali ada ketentuan yang harus ditepati. “Jika melanggar akan di sanksi dan tidak dapat melakukan kampanye” Tegas Kapolres dalam pertemuan tersebut,

Selain itu, Syarif berharap pemantauan harus diperketat lagi, karena ditakutkan banyak oknum ASN terlibat dalam politik praktis.

“Saya akan kordinasikan dengan KPU dan Bawaslu tentang Pernyataan penandatanganan Pakta Integritas ‘Siap Kalah’.” Pungkasnya,

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Drs. Irawan, memyampaikan terima kasih kepada Kapolres Dompu yang telah bersedia berkunjung dan silaturahmi.

Dengan adanya Pandemi COVID-19, Menurut Irawan, menindak lanjuti pernyataan Kapolres, akan mengulang pemetaan dengan keadaan New Normal terkait keputusan KPUD tentang pemilu.

Dengan itu akan mendatakan kembali 10 kampung pengawasan yang telah follow up. “Kita akan jadikan 1 Kampung Pengawasan sebagai percontohan sesuai dengan kriteria yang masuk” Imbunya,

Selain itu, akan Koordinasikan dengan Stakeholder atau Pemda untuk mengajukan anggaran terkait APD, Handsanitizer masker untuk kebutuhan Bawaslu.

“Oknum ASN yang terlibat akan kami tindak lanjuti dan akan bisa terkena tindak pidana Pemilu” Tegas Ketua Bawaslu,

Pada puncak kunjungan pun berjalan aman dan tertib, sehingga berakhir dengan aman dan kondusif. (Iphul)

Sumber : Paur Humas Polres Dompu AIPTU Hujaifah (ABY BARAKWAN)

Mari berbagi artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here