Bima, Jeratntb.com – Pusat kesehatan masyarakat parado (PKM) bidang sanitarian yang dikoordinir Mus Muliadin S.Km laksanakan program pemicu cuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir pada lima waktu penting.

Kata Mus Muliadin, lima waktu cuci tangan yang dimaksud adalah sebelum makan atau mengolah makanan, sebelum ibu menyusui, sesudah buang air besar dan kecil, sesudah melakukan aktivitas dan sesudah memegang hewan peliharaan.

Program tahunan tersebut sedang dilaksanakan pada tiap sekolah SD dan SMP di kecamatan parado yang sejumlah 18 unit, diantaranya SD sejumlah 12 unit dan SMP 6 unit.

Ardiansyah, salah satu siswa kelas dua SMPN 1 Parado yang diwawancara siang tadi membenarkan ada petugas PKM yang memberikan pemahaman terkait cuci tangan “kemarin ada petugas dari PKM yang mengajarkan kami untuk mencuci tangan pakai sabun di air mengalir”.

Selain diajarkan mencuci tangan Ardiansyah juga menjelaskan waktu penting untuk mencuci tangan sebagaimana dijelaskan petugas.

Pelaksanaan program yang dimulai sejak 4/10/2020 sudah melewati 5 SD dan 1 SMP. Menurut koordinator sanitarian PKM sisa sejumlah sekolah dari itu akan dieksekusi lebih lanjut bersama anggotanya yang berjumlah dua orang.

“Satu hari targetnya satu sekolah dan kami masuk tiap sekolah sampai hari kamis. Sedangkan sekolah yang sudah kami selesaikan baru 6 sekolah, 5 SD dan 1 SMP. Sisa dari itu kami tetap lanjutkan sampai selesai bulan ini”

Lebih lanjut Mus Muliadin menjelaskan kondisi siswa yang sangat antusias untuk mendengarkan setiap pesan yang disampaikannya bersama anggotanya yang lain “setiap kegiatan tidak ada hambatan, anak-anak selalu antusias menyambut kegiatan serupa karena dalam pesan tetap kami sisipkan bermain sehingga diminati”.

Kepala PKM H. Abdul Salam yang kami konfirmasi belum sempat memberikan keterangan lantaran kondisi kesehatannya yang belum stabil akibat kecelakaan beberapa waktu yang lalu. (Jr Irwan)

Mari berbagi artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here