BPBD Dompu Salurkan Bantuan Untuk Korban Terdampak Bajir

Dompu, Jeratntb.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu menyerahkan bantuan berupa terpal dan selimut masing-masing 10 lemabar kepada Lurah Bada Kecamatan Dompu, Kamis (25/2-2021).

Kasubbid Tanggap Darurat Evakuasi dan Penyelamatan, Marwan SE mengatakan bantuan yang diserahkan untuk warga yang terdampak bajir.

Selain itu pihaknya juga telah menyalurkan bantuan logistik berupaka makanan kepada korban bajir.

“Semalam saat bajir kami telah mendistribusikan logistik berupaka makanan”, terangnya,

Lebih lanjut Marwan menjelaskan, untuk sementara bantuan tersebut didistribusikan kepada Kelurahan Bali, Kampo samporo, Kelurahan Bada, Kota Baru Pasar, Kelurahan Karijawa, Kampo Sigi, Kandai II, Desa Wawonduru, dan Desa Bakajaya.

Sedangkan untuk jumlah yang terdampak bajir sebanyak 1.464 kk, “itu jumlah sementara yang kita acak di setiap kelurahan”, ungkapnya.

Faktor penyebab terjadinya banjir karena curah hujan tinggi, belum lagi banyaknya bangunan yang berdiri di sepanjang bantaran kali menjadi penyebab menyempitnya sungai hingga tidak mampu menampung debit air ketika turun hujan.

Kendati demikian Marwan menghimbau agar masyarakat tidak tinggal di bantaran kali, “karena itu menyebapkan air meluap karena sempitnya kali” tegasnya.

Dikatakannya, Pemda berencana akan melakukan normalisasi kali di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sori Silo.

“Salah satu contoh di kali raba laju setelah dilakukan normalisasi sehingga tidak terlalu memiliki dampak begitu parah” katanya, (Jr Iphul)

Pos terkait