Antisipasi Krisis Air Bersih, Pemdes Oi’Tui Pasang Dua Unit Profil Tank

Bima, Jeratntb.com – Antisipasi kesulitan air bersih di musim kemarau, Pemerintah Desa Oi’tui Kecamatan Wera Kabupaten Bima memasang dua unit tandon air yang berjenis Profil Tank ukuran 1200 Liter di titik strategis. Hal ini dalam rangka mewujudkan kebutuhan warga masyarakat akan air bersih.

Pemasangan tandon air untuk umum tersebut menggunakan Dana Silpa tahun anggaran 2019 yang bersumber dari Dana Desa (DD) yang nantinya akan dilakukan penyaluran disekitat lokasi yang belum disentuh oleh program Pamsimas, semacam, Polindes, Sekolah dan permukiman warga setempat.

Upaya ini merupakan bentuk Keperdulian terhadap masyarakat akan pentingnya kebutuhan air bersih. Rabu,(24/03/2021).

Kepala Desa Oi’Tui Sudirman Yussuf mengatakan, akan tetap optimis untuk membangun Desa Oi’Tui, salah satunya Ia terus berupaya mewujudkan kebutuhan masyarakat akan air bersih. Pasalnya, dibeberapa lokasi tersebut mengalami krisis air bersih disebabkan tidak disentuh oleh program Pamsimas. Oleh sebab itu, berdasarkan permintaan masyarakat setempat terhadap pentingnya air bersih pihaknya akan segera melakukan pemasangan pipa normalisasi agar pendistribusian air dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat sekitar.

Tidak hanya itu, Kades juga menjelaskan, Tandon air yang di pasang tersebut akan diisi melalui sumur BOR yang berada di halaman kantor desa setempat dengan menggunakan tussel.

“Alhamdulilah pemasangan Tandon Air Bersih tersebut berjalan sesuai harapan, ini semua berkat kerjasama semua pihak pemerintahan desa bersama BPD. Insya Allah kita akan segera melakukan normalisasi dan dapat didistribusikan dengan baik agar kebutuhan masyarakat sekitar akan air bersih terpenuhi,” ungkapnya.

Lanjut Whan Sila sapaan akrabnya mengungkapkan, di wilayah tersebut juga terdapat jumlah penduduk yang cukup banyak. Karena setiap tahunnya selalu mengalami krisis air bersih. Oleh sebab itu, untuk memastikan warga di wilayah setempat tercukupi kebutuhannya akan air bersih , maka pihaknya menyiapkan dua Bak besar yang berkapasitas 2400 liter untuk mendistribusikan air bersih di sekitar rumah warga.

” Kami berharap, dengan adanya pemasangan tandon air ini dapat memberikan kelancaran pendistribusian air bersih kepada warga masyarakat sekitar guna memenuhi kebutuhan akan air bersih. Ia juga berharap air bersih yang disalurkan nantinya dapat berjalan secara lancar, efektif dan tepat sasaran.” harap kepala desa yang dikenal sebagai sosok yang sangat perduli terhadap kondisi masyarakatnya.

Tidak hanya itu, Kades juga menyampaikan, melihat kondisi yang terjadi Selama ini. Desa Oi’Tui merupakan desa yang kurang akan air bersih. Sehingga, dengan hadirnya program Pamsimas dari pemerintah daerah Kabupaten Bima dan ditambah lagi dengan persediaan bak air tersebut mampu memberikan kelancaran arus air bersih secara non stop selama 24 jam. Sehingga, jika sewaktu-sewaktu ada permintaan air bersih, maka masyarakat setempat langsung menikmati air sesuai dengan permintaan Berdasarakan kebutuhan sehari-hari walaupun di musim panas.

” Kami tetap berupaya untuk membantu warga yang membutuhkan air bersih agar kedepannya masyarakat tidak lagi mengalami krisis akan air, dan tentunya upaya Selama ini yang kami lakukan baik dari pemerintah kabupaten Bima lewat program Pamsimas maupun Pemdes, semata-mata agar warga setempat bisa menikmati air bersih sesuai kebutuhan, sehingga tantangan selama ini dapat memberikan keadilan sosial bagi warga masyarakat desa Oi’Tui.” ucap Whan Shila  sapaannya.

Dalam kesempatan ini dirinya menambahkan bahwa, Ia akan terus berjuang dan tetap Optimis dalam menjalankan amanah mulia ini untuk tetap komitmen selama menjadi pelayan masyarakat Desa Oi’Tui. Juga Pihaknya akan tetap menjaga eksistensi Pemerintahan yang, Amanah, Jujur, Adil, Terbuka dan Transparansi. Untuk itu dalam mewujudkan pemerintahan yang Inovatif, Aspiratif, Kreatif dan Responsif pihaknya mengajak semua elemen, Pemuda, dan seluruh masyarakat Desa Oi’Tui untuk sama-sama membangun desa ini menjadi desa yang memiliki daya saing.

” Ucapan terimakasih serta apresiasi yang tinggi saya dedikasikan kepada, masyarakat, pemuda dan kaum akademisi desa Oi’Tui, berkat motivasi dan dukungannya selama ini sehingga perjalanan Pemerintahan dalam mewujudkan Visi dan misi saya dalam rangka membangun desa Tercinta ini berjalan dengan lancar, damai dan bersahabat.” Tutupnya. (Jr. Sidon Wera).

Pos terkait