BPBD Kota Bima Maksimalkan Persiapan Tanggap Darurat Kekeringan

Kota Bima, Jeratntb.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima maksimalkan persiapan tanggap darurat kekeringan dengan menyediakan Tandon (Profil Tank) yang ditempatkan diberbagai titik lokasi teridentifikasi sebagai wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi dan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga, seperti yang terjadi di tahun lalu terdapat 15 kelurahan di wilayah Kota Bima yang terdampak kekeringan. Ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Bima Ir. Hj Zainab saat ditemui diruang kerjanya. Rabu, 24 Maret 2021.

Lanjutnya, tandon ini bersumber dari pengadaan PT BNI 46 Cabang Bima.

Dijelaskannya juga bahwa, dalam penanggulangan bencana kita mengenal 3 (tiga) pilar yakni Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyrakat. “Jadi kami dalam hal ini tetap melakukan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan badan usaha yang ada di Kota Bima sebagai langkah elaborasi dalam upaya penanggulangan bencana, di samping itu ada juga kelompok relawan yang sudah terbentuk sebagai perwakilan masyarakat dalam aksi pencegahan dengan melakukan upaya penanaman bibit pohon produktif di sekitar wilayah mata air serta aksi kesiapsiagaan melalui informasi dini kebencanaan”.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik Nazamuddin yang akrab disapa Bung Crisna menambahkan bahwa BPBD Kota Bima lewat Bidang Darlog siap melakukan semua upaya dalam memaksimalkan pelayanan publik. (Jr QQ)

Pos terkait