Hujan Yang Disertai Angin Akibatkan Rumah Rusak dan Korban Luka

Lombok Tengah, Jeratntb.com – Hujan deras yang disertai angin kencang di Lombok Tengah pada malam hari Rabu (22/9) sekira pukul 19:00 wita menyebabkan rusaknya atap rumah yang terbuat dari asbes dan spandek. Bukan hanya rumah, 1 (satu) orang warga berjenis kelamin perempuan umur 50 tahun mengalami luka ringan tertimpa pecahan atap/asbes.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lombok Tengah, H. Ridwan Ma’ruf, melalui surat laporannya tertanggal 23 September 2021 yang ditujukan ke Kepala BNPB RI, Gubernur NTB dan Kalak BPBD Provinsi NTB menyampaikan, ada 8 dusun yang terkena dampak hujan yang disertai angin dengan total jumlah KK terdampak sebanyak 48 KK.

8 Dusun dan 48 KK yang dimaksud yakni, 2 Dusun di kecamatan Praya yaitu Dusun Lendang Simbe Desa Mertak Tombok sebanyak 11 KK dan Dusun Sundil Desa Montong Terep sebanyak 15 KK, 5 Dusun di kecamatan Kopang yaitu Dusun Bajur Desa Monggas sebanyak 4 KK, Dusun Gubuk Baru Desa Monggas sebanyak 2 KK, Dusun Gunung Malang Desa Monggas sebanyak 10 KK, Dusum Tale Desa Monggas sebanyak 3 KK, Dusun Montong Batu 2 Desa Muncan sebanyak 2 KK dan 1 Dusun di kecamatan Praya Tengah yaitu Dusun Pekat Desa Batunyala sebanyak 1 KK.

Sementara, dampak lain dari kejadian tersebut juga mengakibatkan 14 unit rumah dengan kondisi rusak sedang diantaranya 3 unit rumah di desa Mertak Tombok, 4 unit rumah di desa Montong Terep, dan 7 unit rumah di desa Monggas.

Sejauh ini, BPBD Kabupaten Lombok Tengah sudah melakukan upaya tanggap darurat dengan turun langsung ke lokasi dan berkoordinasi dengan pihak dusun/desa serta Babin dan Babinkamtibmas, membawa bantuan logistik (Beras, Gula, Mie Instan, Air Mineral, Pampers, Terpal, Selimut) serta bersama-sama dengan TNI membangun tenda sebagai tempat pengungsian sementara untuk warga terdampak di desa Mertak Tombok dan desa Monggas.

Sumber : BPBD Loteng & Humas Basarnas Mataram
Editor : Jr QQ

Pos terkait