TSBK Ntobo Adakan Kegiatan Simulasi Bencana

simulasi korban gempa bumi

Bima, jeratntb.com – Dalam upaya membangun ketangguhan menghadapi bencana, sejumlah anggota Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) Ntobo Kota Bima mengadakan kegiatan simulasi bencana gempa bumi.

Kegiatan ini diadakan di SDN 15 Kota Bima Sabtu (5/10/19) Pagi tadi yang dimulai pukul 09.00. Kegiatan tersebut melibatkan BPBD Kota Bima sebagai pembina sekaligus pemateri beserta 186 siswa dan para Guru di Sekolah tersebut sebagai peserta. “Tidak ada yang bisa memprediksikan datangnya bencana, apalagi bencana gempa bumi”, tutur Ikhsan selaku Ketua TSBK Ntobo.

Dengan kejadian yang datang secara tiba-tiba, tentu akan menimbulkan kepanikan hingga tidak jarang menimbulkan korban, maka sangat perlu dilakukan kegiatan-kegiatan seperti ini, sebagai upaya dalam mengurangi risiko yang ditimbulkan. Ucapnya.

Adapun materi-materi yang disampaikan antara lain: Apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana gempa, Tehnik penyelamatan dan evakuasi diri serta korban.

Immawan Muslimin, Kasi Pencegahan Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan BPBD Kota Bima yang ditemui di lokasi kegiatan menambahkan, bahwa setelah 33 Kelurahan yang sudah dibentuk TSBK, tahun 2019 ini ada tambahan 2 Kelurahan, sehingga jumlah Kelurahan yang sudah terbentuk TSBKnya sebanyak 35 Kelurahan, dengan jumlah personil 20 orang/Kelurahan dan akan dibentuk disemua Kelurahan.

Lanjutnya lagi, TSBK merupakan perpanjangan tangan BPBD dalam penyampaian informasi dini terkait adanya tanda-tanda maupun kejadian kebencanaan di Kelurahan masing-masing serta bisa bersama-sama dengan masyarakat melakukan upaya pengurangan risiko bencana. Pembentukan TSBK ditiap Kelurahan adalah program kami BPBD Kota Bima lewat Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan. Terangnya.(Jr-03)

Pos terkait