BKPH TPMRW Bina Kelompok Inisiasi Rehabilitasi Kawasan

di Kanca kecamatan Parado

Bima, JeratNTB – NTB sebagai salah satu dari empat propinsi yang mengembangkan pola kemitraan dengan kelompok rehabilitasi kawasan telah mulai melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap kelompok hasil verifikasi.

Saat ini di kabupaten Bima telah terbentuk sedikitnya 6 kelompok atau tidak kurang dari 483 Ha kawasan yang telah diferifikasi oleh tim yang tergabung dari unsur LSM, Perguruan Tinggi dan kehutanan.

Kelompok ini tersebar di Parado 5 kelompok dan madapangga satu kelompok sementara satu kelompok pengelolaan hasil hutan berupa rotan berada di desa Pela kecamatan Monta.

Untuk 6 kelompok kemitraan difokuskan pada konserfasi kawasan dengan sistim agro Forestry atau tumpang sari, seperti di parado difokuskan untuk tanaman kemiri dan pohon buah.

Hal itu dikatakan Kepala UPTD Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Toffo Pajo Madapangga Rompu Waworada (TPMRW) Syaifullah S.Hut, M.Si yang ditemui di kantornya di Bolo kamis (14/2-19).

“Rabu kemarin, kami bersama unsur TNI Polri diundang oleh kelompok inisiasi rehabilitasi kawasan untuk wilayah Parado, dan mereka menunjukkan kesadaran akan pentingnya hutan khususnya keberadaan tanaman kemiri sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat di wilayah itu,” ujarnya.

Saat ini Direktorat jendral Perhutanan Sosial Dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) sedang menggodok pola kemitraan dengan penyusunan Project Design Document (PDD), “Kendati saat ini kita masih terbentur dengan dualisme penanganan antara sumber anggaran di luar kawasan dengan dalam kawasan, namun demikian kita tetap berharap semoga kabupaten Bima dapat menjadi pilot project,” harapnya.

[jr]

Pos terkait