Penerima Bantuan Bedah Rumah Keluhkan Bahan Material Tidak Berkwalitas

Bima, Jeratntb.com – Warga desa Parado Rato penerima bantuan program Bedah Rumah keluhkan bahan material yang dinilai tidak berkwalitas dari penyedian bahan.

Hal tersebut ditemukan langsung oleh tim media Jerat NTB di halaman rumah salah satu warga penerima bantuan, tepatnya Ibu St. Mariam (54) warga RT 12 RW 3.

Awalnya, tim media ini melihat postingan di akun Facebook “Jack Malingi” anak dari salah satu penerima bantuan bedah rumah yang dalam postingannya dinilai memprotes kualitas kayu. “bedah rumah apa bedah kandang ayam? Masa ia bedah rumah kok kayunya kayak kerupuk semua. mending pakai bambu sudah tahu pasti kualitasnya bertahan 5-6 tahun”, ungkapnya dikutip dari status FB.

Mengetahui hal tersebut, wartawan kami langsung tinjau lokasi dan mendapatkan bukti kayu yang memang dinilai tidak layak pakai. Diakui oleh Siti Mariam bahwa kayu-kayu keropos ini diberikan oleh penyedia bahan material untuk kebutuhan bedah rumah miliknya. Jum’at, 3 Juli 2020.

Saat dikonfirmasi langsung terkait hal tersebut kepada penyedia bahan material yakni Sdr. Masykur (43) membenarkan bahwa kayu itu adalah kayu yang disediakan olehnya untuk penerima bantuan bedah rumah kemudian mengaku khilaf dan jika memang benar demikian, siap menggantikan.

“Itu kayu saya yang sediakan dan di angkut kemarin sore sekitar jam 17:00 wita, jika memang tidak berkualitas ya itu keliru saya sebagai manusia dan Insha allah secepatnya saya ganti”, tuturnya.

Masykur juga menegaskan bahwa kayu yang kurang berkwualitas hanya di satu tempat itu saja, “Hanya di tempat itu kayunya yang kurang berkwualitas, ditempat lain tidak”.

Namun setelah dilakukan pengecekan oleh tim media ini bersama beberapa warga setempat ditemukan fakta yang berbeda. Jadi bukan cuma Siti Mariam, tetapi ada dua warga lain yang mendapatkan bahan material yang sama yakni Yaidu (73) RT 14 dan Abdollah (83) RT 12.

Abdollah dan Yaidu mengatakan hal yang sama saat diwawancarai di masing-masing rumahnya bahwa kayu yang tergeletak di depan rumah mereka adalah kayu yang diberikan oleh penyedia bahan material. (Jr Irwan)

Pos terkait