SMAN 1 Parado Ikut Meriahkan Perayaan Gelar Budaya NTB Gemilang

Bima, Jeratntb.com – Senin kemarin SMAN 1 Parado ikut meriahkan Gelar Budaya NTB Gemilang 2020 dengan menggunakan pakaian adat khas Bima di lingkungan sekolah. Hal itu dilakukan dalam rangka menindak lanjuti instruksi pemerintah Provinsi lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat (NTB) Nomor 780/4494/Dikbud pada 20/11/2020.

Pada momentum tersebut, pihak sekolah mengakui belum menampilkan budaya lokal tradisional lantaran belum maksimal bentuk pembinaan. Pada sela kesibukannya di kantor, Nuryadin S.Pd selaku kepala sekolah yang ditemui menjelaskan bahwa belum ada tampilan budaya tradisional hari ini karena pembinaan belum maksimal (23/11/2020)

Lebih lanjut Nuryadin mejelaskan gagasannya untuk fokus pada pengembangan dua budaya lokal tradisional khas Bima, yakni permainan Tapa Gala dan Gantao (silat khas Bima). Khusus Gantao, beberapa bulan lalu sekolah yang dipimpinnya telah bekerja sama dengan salah satu perguruan silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), yakni Nurul Husna Indonesia (NHI).

“Permainan tradisional seperti Tapa Gala dan Gantao menjadi fokus saya ke depan dan akan dikembangkan sehingga dapat ditampilkan pada momentum seperti ini. Khusus Gantao kami sudah kerja sama dengan pencak silat dan sekarang sudah berjalan latihannya”

Dalam hal Gantao, dengan antusiasme yang tinggi dirinya akan menganggarkan khusus untuk perlengkapan alat-alatnya. “Insya allah, untuk anggaran tahun 2020 bisa dipastikan peralatan Gantao akan diadakan”

Bukan cuma Gantao dan Tapa Gala, beberapa karya kerajinan tangan sudah dihasilkan oleh sekolah yang ia pimpin, seperti taplak meja dan baju adat khas Bima yang polos diberikan pernak-pernik sehingga mengandung nilai estetika “seperti taplak meja dan baju khas adat Bima telah ditata sehingga terdapat nilai estetika. (Jr Irwan)

Pos terkait