Bima, Jeratntb.com – Sebanyak 57 Kepala Desa terpilih dilantik oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE di Halaman Kantor Bupati, Rabu 3 Agustus 2022.

Proses pelantikan dengan mengambil sumpah jabatan oleh 57 Kepala Desa terpilih, dan masing-masing kepala desa yang dilantik mentandatangani berita acara sumpah jabatan.

Usai proses pelantikan dilaksanakan, dalam sambutannya Bupati Bima, mengingatkan kepada kades terpilih agar mengurangi kegiatan yang bersifat hura-hura, dan dilaksanakan acara syukuran secara sederhana saja.

Kemudian, Bupati mengajak agar bisa merangkul seluruh eleman masyarakat, lebih-lebih kepada para kompetitor yang ikut bersaing. Semua itu dinilai sangat penting dilakukan secepat mungkin, dengan tujuan bisa sama-sama menata arah pembangunan di desa masing-masing.

“Supaya mendapatkan dukungan serta do’a tidak hanya kepada pendukung saja, akan tetapi juga do’a bagi orang-orang yang sebelumnya tidak sempat mendo’akan,” katanya.

Bupati Bima atau yang akrab disapa Umi Dinda kemudian menegaskan agar bisa menunjukkan fakta integritas, hal itu dinilai sangat penting sehingga melahirkan sebuah komitmen dalam menjalankan tugas.

Ia harap agar mengetahui regulasi dan aturan yang berlaku, agar aman dalam menjalankan tugas tanpa mencedrai hal-hal yang dinilai KKN, “tentu itu harus dihindari oleh pejabat terutama jabatan yang dipilih langsung oleh warga negara, khusunya bagi para kepala desa,” ungkapnya.

Dalam kurung waktu setiap tahun terakhir, Desa sebagai pengelola Anggran Dana Desa (ADD) yang cukup besar, “dari Bapak Ibu yang sudah menjabat sebelumnya tersangkut masalah hukum karena ketidak hati-hatian dalam mengelolah Alokasi Dana Desa,” bebernya.

Selanjuntnya, Umi Dinda mengingatkan agar jangan meniatkan diri menjadi kepala desa samata hanya ingin memperkaya diri, sehingga menghalalkan segala cara.

Sebagai pemimpin yang dipilih langsung oleh rakyat dan dimenangkan oleh suara mayoritas,”tentunya takdir Allah yang mengantarkan Bapak Ibu sebagai Kepala Desa,” jelas Umi Dinda.

“jagalah itu sebaik mungkin, apa yang kami samatkan, baik itu tanda jabatan yang di bahu maupun di dada memiliki makna yang sangat besar, Begitu besar perjungan yang dipertaruhkan makan jangan mudah dihancurkan hanya untuk kepentingan sesaat,” lanjutnya.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa, segera bekerja mendukung program pemerintah melalui program pemerintah,”banyak lah membaca dan, tidak ada yang lantas bisa tanpa belajar, ” katanya.

Ia berharap agar melibatkan orang-orang yang paham dibidangnya, agar mampu bekerja sama dengan siapapun, dan mampu mengsukseskan semua program yang dilaksanakan di Desa.

“Tiada lain yang mengantarkan kesuksesan dalam diri kita, kecuali kebaikan yang kita tunjukkan,” Imbunya.

Tak hanya itu, Bupati menyampaikan agar setia kepada istri yang sah, “yang cantik diluar sana banyak tapi yang setia, dan berjuang bersama kalian adalah istri sah, itu perlu diutama,” ucapnya. (Jr Iphul).

Mari berbagi artikel ini