Sumbawa Besar, Jeratntb.com – Pangan salah satu komoditas penting dan strategis mengingat pangan adalah kebutuhan mendasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama sama seperti yang diamanatkan undang undang no 18 tahun 2012 tentang pangan.

Hal tersebut disampaikan Kasdim 1607/Sumbawa Mayor Inf Dahlan disela sela pelepasan bibit ikan air tawar jenis nila di Makodim 1607/Sumbawa jalan yos sudarso kelurahan uma sima kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa, Jumat (31/3/2023).

Selain itu Kasdim menjelaskan bahwa dihadapkan dengan upaya percepatanan penurunan angka stunting salah satu sebab terbatasnya sumber air bersih, angka kemiskinan masyarakat, kurangnya asupan gizi, serta pola hidup sehat., sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, TNI AD untuk ikut berperan dalam membantu mengatasi masalah stunting, ungkapnya.

Terkait hal tersebut TNI AD membuat program TNI AD manunggal air, dan Program pembinaan ketahanan pangan, melalui satuan satuan seperti yang dilaksanakam Kodim 1607/Sumbawa hari ini memanfaatkan lahar kosong disekitar untuk dikembangkan menjadi lebih produktif mengingat ketahanan pangan berhubungan langsung dengan stunting, ujar Kasdim.

Mengingat keluarga dalam rumah tangga yang kurang tahan pangan cendrung memiliki balita yang tergolong stunting hal ini disebabkan karena kurang asupan gizi baik dari segi kuantitas maupun kualitas dan tidak memenuhi standar kecukupan zat gizi balita stunting, jelas Kasdim.

Untuk itu kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan Kodim 1607/Sumbawa diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dalam pemenuhan pangan keluarga guna pemenuhan asupan gizi yang cukup dalam rangka menekan angka stunting, harap Kasdim.

Juga kegiatan pemanfaatan lahan kosong yang kurang produktif menjadi produktif hendaknya dapat menstimulan anggota terutama babinsa untuk dapat ditularkan kepada warga masyarakat diwilayahnya seperti tema bin ketahanan pangan” Membentuk Aparat Teritorial Yang Profesional Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Di Wilayah, Tegas Kasdim
Sumber : Humas Korem

Mari berbagi artikel ini