Hutan Parado Gundul, Banjir Melanda Sejumlah Wilayah di Kabupaten Bima

Bima, Jeratntb.com – Curah hujan selama dua hari terakhir mengakibatkan sejumlah wilayah di kabupaten Bima terendam banjir.

Kondisi terparah melanda kecamatan Monta dan sebagian wilayah Woha. Ratusan rumah terendam banjir, dilaporkan puluhan rumah warga rusak parah. Ratusan hektar lahan pertanian rusak dari desa Pela kecamatan Monta hingga desa Tenga kecamatan woha. Belum dapat dipastikan kerugian akibat bencana ini namun diperkirakan mencapai milyaran rupiah.

Banjir mulai meluap jumat (2/04-21) sekitar pukul 15.20 wita ini merupakan luapan dam Pela Parado karena tidak mampu menampung erosi akibat hutan penyanggah sekitar dam dan hampir seluruh hutan parado rusak parah.

Hingga berita ini diturunkan ruas jalan lintas parado tente lumpuh total karena air masih menggenan. Diperkirakan air ini akan surut selama dua atau tiga jam lagi.

Pantauan langsung media ini di lapangan, warga masih mengungsi di dataran lebih tinggi berikut harta benda yang mampu diselamatkan. Terutama ternak sapi milik warga.

Kendati banjir mulai surut, namun hujan masih belum reda. Kondisi ini membuat warga terus waspada dan masih banyak yang mengungsi. (Jr)

Pos terkait