Kadis Perkim Tinjau Program Pansimas di Desa Tangga

Bima, Jeratntb.com – Kepala dinas pemukiman dan perumahan rakyat (Perkim) kabupaten Bima Taufik ST MT hari ini meninjau langsung program air bersih di desa Tangga kecamatan Monta.

Pekerjaan senilai 260 juta ini dikejakan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas).

Ikut hdir dalam kunjungan tersebut coordinator Pansimas Khairul Fahmi, ST bersama tenaga tekhnis untuk melakukan pengecekan, hadir juga sejumlah anggota BPD desa Tangga.

Adi Romansyah, S.Pd ketua KKM ditemui di lokasi mata air Oi Roko saat mendampingi kepala dinas menjelaskan bahwa saat ini pekerjaan sudah selesai. “Hanya sedikit terkendala daya listrik, harusnya sudah bisa kita distribusikan,” terangnya.

Jaringan pipa telah dibentangkan menuju beberapa titik pemukiman. “Pipa jenis Hdpe 1,5 in sepanjang 1 km sudah tuntas kita bentangkan dan ditanam,” katanya.

Sementara kepala dinas berharap agar fasilitas ini dijaga untuk tetap beroperasi. “Tentunya sumber mata air ini harus tetap terlindungi,” harapnya.

Taufik mencontohkan. “Jangan seperti pengalaman kita di desa Mpili Donggo tahun 2016, program yang sama hanya berjalan 4 bulan. Akibat ulah masyarakat yang menggundulkan hutan sehingga mata air menjadi kering,” paparnya.

Akhirnya pemerintah desa membebaskan lahan sekitar mata air dan dilakukan penghijauan. “Langkah pemerintah desa ini kita dukung dan semoga mata airnya kembali normal,” harap Taufik.

Selain di desa Tangga, hari ini ia akan mengunjungi beberapa lokasi lain. (Jr)

Pos terkait