Kunjungi Warga Mudik, Kepala PKM Monta Peragakan Cuci Tangan Dengan Benar

Bima, Jeratntb.com – Kepala Puskesmas (PKM) Kecamatan Monta, dr Hj Wahyuni menghimbau kepada warga agar untuk sementara waktur tidak berkumpul-kumpul dulu.

“Saya minta kepada masyarakat untuk sementara waktu agar tidak berkumpul-kumpul seperti biasa, itu sebagai cara mengantisipasi penyebaran Virus corona,” Cetusnya,

Untuk tetap menjaga agar tubuh tetap sehat, sebaiknya jaga jarak hingga satu meter.

Yuni juga berpesan agar terus membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Hal itu disampaiakan saat melakukan pemeriksaan terhadap salah satu warga pendatang di Desa Tangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima pada hari Senin (30/3-20).

Selain itu ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun.

Itu merupakan salah tindakan preventif cara untuk mengatasi penyebaran virus corona yaitu dengan melakukan cuci tangan.

Karena penyebaran virus-virus berbahaya seperti corona ini dapat berasal dari benda-benda yang kita pegang dalam aktivitas sehari-hari.

“Seperti pada saat bapak-bapak memotong jelarami buat pakan sapi wajib setelah itu mencuci tangan dengan sabun” Tegasnya,

Oleh sebab itu, cara mencuci tangan yang benar sebaiknya kita terapkan agar menjadi langkah antisipasi dalam melawan penyebaran virus-virus tersebut. Sebut yuni,

Selanjutnya Dokter yuni bersama salah satu timnya langsung mempraktekan di depan warga cara mencuci tangan dengan banar.

Basahi kedua telapak tangan dengan air bersih yang mengalir hingga setinggi pertengahan lengan.

Kemudian gunakan sabun untuk mengusap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut, Usap dan gosok pula punggung tangan secara bergantian.

Tak lupa juga untuk mengusap bagian sela-sela jari tangan, membersihkan sela-sela jari dilakukan secara bergantian dan basuh juga sela-sela jari hingga bersih menggunakan sabun.

Gosok dengan cara mengusap memutar pada kedua ibu jari secara bergantian, lalu letakkan jari tangan pada telapak tangan dengan cara mengatupnya, lalu gosok dengan perlahan lalu tak lupa gosok pergelangan tangan pula kemudian bilas hingga bersih. (Iphul)

Pos terkait