Bangun Ketangguhan, BPBD Kota Bima Tingkatkan Kapasitas Relawan

Kota Bima, Jeratntb.com – Giat membangun ketangguhan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana, Selasa (12/11) BPBD Kota Bima Bidang Kesiapsiagaan adakan pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan di pesisir Pantai Jenawa Kota Bima.

Kegiatan yang melibatkan 20 orang keterwakilan dari lima Kelurahan, dibuka secara resmi oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Bima H. Syarafudin, MM.

Lima Kelurahan yang dilibatkan antara lain Kelurahan Dara, Panggi, Kumbe, Rite dan Jatibaru Timur. dengan total jumlah peserta 100 orang. Dan akan berakhir lusa Kamis (14/11).

Saat dijumpai oleh tim media Jerat, Kepala Pelaksana BPBD mengatakan bahwa Kegiatan pembetukan Relawan Kelurahan dimulai sejak tahun 2013, yang awalnya kerjasama Oxfam Indonesia lewat LP2DER dengan Pemerintah Kota lewat BPBD, hingga pada hari ini sudah terbentuk di 35 Kelurahan. Dan akan terus dibentuk disemua Kelurahan di Kota Bima, mengingat wilayah Kota yang rawan akan bencana. Ucapnya.

Ilmu kebencanaan ini sangatlah penting, lanjutnya lagi, maka perlu dibentuk Tim Siaga Bencana (TSB) Kelurahan sebagai wadah sosialisasi ditingkat masyarakat, dengan harapan menjadi garda terdepan dalam kesiapsiagaan, penanggulangan bencana dan mitigasi bencana di Kelurahan.

“Ini adalah perwujudan dalam membentuk Kota Bima sebagai Kota Tangguh Bencana”.Tegasnya. (Jr Indra)

Pos terkait