Bidang Peternakan Kota Bima Berantas Anjing Rabies

Kota Bima, jeratntb.com – Bidang Peternakan Kota Bima didampingi Lurah Jatibaru Barat, Babinsa, Bhabinkantibmas, RT/RW, Masyarakat dan sejumlah komunitas relawan dari FTSB TSBK Kota Bima, ACT dan Babuju, bersama-sama lakukan eliminasi anjing rabies di wilayah kelurahan Jatibaru Barat Sabtu malam (14/12).

Dari sembilan titik yang dicurigai sebagai jalur yang biasa dilewati oleh anjing liar, akan disimpan umpan oleh tim gabungan (RT, Babinsa, Bhabinkamtibmas, FTSB,Babuju, ACR) yang didampingi oleh tim teknis dari Dinas Peternakan.

Sesaat sebelum turun ke lokasi, Drh. Juwaihar menjelaskan terkait efek dari umpan serta tata cara penyimpanan umpan yang sebelumnya sudah ditaburi racun.

“Ini salah satu cara kami dalam upaya memberantas hewan liar (Anjing Gila), sehingga Kota Bima terbebas dari rabies,” ucap Kabid Peternakan Drh. Juwaihar.

Disamping menggunakan racun, jelasnya, upaya lain yang kami lakukan adalah dengan memberikan vaksin khusus pada anjing peliharaan, sebagai langkah antisipasi jangan sampai tertular virus rabies.

Lurah Jatibaru Tasrif S.Bk menyampaikan bahwa sampai dengan malam ini sudah 5 orang warga yang terkena serangan dan gigitan anjing dan sampai dengan tadi malam masyarakat masih melihat anjing tersebut berkeliaran di seputaran wilayah kami. “Sudah seperlunya hal ini dilakukan,” tuturnya.

Terimakasih atas perhatian dari Dinas terkait serta kepedulian para relawan yang hadir untuk membantu kami. Ucapnya. (Jr Indra)

Pos terkait