Dompu, Jeratntb.com – Gubernur NTB, Dr. Zulkifliemansyah, M.Sc memimpin berlangsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi NTB, Selasa (28/4-20).

Kegiatan yang dilaksanakan melalui Video Confrence tersebut dipandu Sekda Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Aryadi, M.Si, dan dihadiri oleh Bupati/Wali Kota Se-NTB beserta jajarannya.

Diawali dengan sambutan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dalam hal ini Kepala Bappenas, Menteri Dalam Negeri dan Anggota DPR Daerah Pemilihan NTB, Dr. H. Nanang Samodra, M.Sc, Perwakilan dari Anggota DPD Republik Indonesia, serta Ketua DPRD Provinsi NTB.

Di kesempatan itu, Gubernur NTB memberikan waktu kepada Bupati/Wali Kota Se-NTB untuk menyampaikan usul atau saran untuk rencana pembangunan Pemerintah Provinsi NTB, di tahun anggaran 2020.

Bupati/Wali Kota Se-NTB, diberikan waktu masing-masing 10 menit untuk menyampaikan programnya. Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin mendapatkan kesempatan yang ke-8 setelah Wali Kota Bima.

Di kesempatan vidcon itu, Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, melaporkan kepada Gubernur NTB, tentang berbagai hal yang telah dilakukan oleh Pemda Dompu, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai protap kesehatan yang ada, kemudian mengusulkan agar di Kabupaten Dompu khususnya di Kecamatan Kilo, dapat diupayakan adanya industrialisasi terpadu.

Menurutnya, HBY mengatakan bahwa dengan industrialisasi terpadu yang dimaksud, komoditi jagung tidak hanya di Kabupaten Dompu namun juga di Pulau Sumbawa akan dapat diolah menjadi aneka bahan pangan atau pakan. “Sehingga berdampak besar bagi peningkatan pendapatan warga” Jelas HBY,

Untuk dapat mendukung industrialisasi terpadu tersebut, Bupati Dompu berharap agar Bang Zul, dapat mendorong agar terealisasinya pembangunan Pelabuhan Nusantara yang berada di Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu beserta ruas jalan Provinsi di area tersebut.

“Untuk merealisasikan pelabuhan itu, Pemda Dompu telah membebaskan lahan sesuai persyaratan yang ada, saat ini tinggal menunggu realisasi pembangunannya dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia”. Jelasnya,

Ia juga menyampaikan, bahwa dengan adanya Industrialisasi terpadu di Kabupaten Dompu akan memberikan banyak keuntungan bagi warga.”Paling tidak perputaran ekonomi atau pendapatan warga tetap dapat terjaga dengan baik”

Selain itu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, meminta Gubernur NTB agar mengundang perusahaan-perusahaan besar sebagai pengolah jagung skala nasional sehingga dapat berinvestasi di Kabupaten Dompu. “Dengan investasi tersebut perekonomian warga akan terus berputar” Katanya,

Di akhir usulan, HBY berharap dengan semua ujian dan cobaan yang kini dihadapi agar segera dapat terlewati dengan baik. Sehingga berbagai program atau rencana pembangunan yang sebelumnya sempat terkendala kembali dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. (Iphul)

Mari berbagi artikel ini


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here