Yayasan As Sunnah Dana Mbojo Lakukan Kegiatan Reboisasi di Dam Pela- Parado

Bima, Jeratntb.com – Yayasan As Sunnah Dana Mbojo melalui Bidang Dakwah dan Pendidikan dimotori oleh Pakis As-Sunnah Woha dan Pakis As-Sunnah Monta yang bersekretariat di RT. 004/ RW. 001 Desa Tangga kecamatan Monta lakukan gerakan reboisasi di DAM Pela Parado dengan mengangkat tema “Hijaukan Kembali Untuk Masa Depan Bumi Kita, Save Earth From Earth”. Minggu (12/01).

Muktamirin yang biasa disapa Abu Abdillah Pembina Yayasan As Sunnah Dana Mbojo ketika dijumpai tim media JeratNTB di lokasi kegiatan menyatakan bahwa bibit yang ditanam adalah Jambu Mente sejumlah 300 bibit pohon. Selain menyimpan air jambu mente juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat disekitarnya sebagai pohon berkhasiat tinggi untuk obat-obatan. Ucapnya.

“Bibit yang kami tanam, lanjutnya, tidak asal tanam begitu saja, tetapi kami menggunakan tali sebagai acaun lurus dan seimbangnya letak bibit”.

Setelah penanaman, bibit tersebut kami siram dan akan kita pantau secara kontinyu. “Insya Allah, kami akan merawat dan memupuknya bila perlu”, jelasnya.

Menurut Data Dinas Kehutanan dari 17 hektar total areal hutan tutupan negara wilayah Parado yang diidentifikasi rusak karena illegal logging adalah 8.000 hektar. Ungkap Abu Abdillah.

Kegiatan- Kegiatan semacam ini harus kita galakkan sebagai wujud kepedulian kita kepada alam. Ekosistem perlu kita jaga, kita kembalikan fungsi hutan sebagai penyeimbang bagi aneka keragaman hayati.
“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat lebih khusus masyarakat yang ada di kecamatan Monta untuk bersama-sama merawat hutan dengan cara reboisasi sebagai ikhtiar untuk mengembalikan fungsi hutan”.

Dilokasi yang sama, Indra Nurjaya Abu Aisyah Ketua Pakis As-Sunnah Monta juga menyampaikan bahwa sebelumnya kami sudah lakukan rapat koordinasi dalam aksi menyelamatkan generasi dari banjir dan erosi.

Lanjutnya, program penghijauan merupakan program pemberdayaan masyarakat, kita ingin menanamkan pemahaman kepada masyarakat bahwa ketika hutan gundul maka ekosistem akan terancam. “Penghijauan adalah bentuk hubungan baik kita dengan alam”. Semoga kegiatan yang diselenggarakan ini tercatat sebagai amal jariyah bagi kita. Kita tidak tahu amalan baik yang mana nantinya yang menghantarkan kita ke Surga. Tuturnya.

Sementara ini Yayasan As Sunnah Dana Mbojo juga tengah melakukan proses pembangunan Ponpes Ibnu Katsir Bima (IK-B), kepada seluruh muhnisin yang punya kesempatan untuk berkontribusi mengambil bagian dalam mewujudkan generasi Rabbani bisa donasikan harta terbaik anda ke Rekening : Bank NTB Syariah (Kode bank : (028) 0130200174216 An. Yayasan As Sunnah Dana Mbojo. Konfirmasi : 085337444292 (Abu Khaulah Adi Romansyah). Jazaakumullahu Khairan. (Jr Roman)

Pos terkait